Wednesday, November 9, 2016

5 Hal pahit dunia perkuliahan

Gimana gan yang masih di bangku SMA/SMK, ada kepikiran mau kuliah ? pasti ada donk hehe. Didalam benak pikiran kalian pasti memikirkan bahwa kuliah itu enak,menyenangkan,asyik, bebas seperti di sinetron" yang ada di tv. jangan senang dulu gan anda harus mengetahui dulu pahit-pahit dalam dunia perkuliahan.

Berkut ini 5 hal pahit dalam perkuliahan :

1.Tugas
Dalam dunia perkuliahan tidak lepas dari yang namanya "Tugas". Tugas adalah momok paling menyebalkan bahkan 1 tugas belum kelar, akan datang tugas lainnya. misalnya dalam 1 semester anda mengambil 7 mata kuliah, maka kalian bisa ke pikir dong gimana tugas yang akan menghampiri kehidupan kuliah kalian, hitung-hitung 1 makul kalian mendapatkan 2 tugas dari dosen bahkan lebih dari 2 tugas maka di x 7makul= 14tugas menunggu anda. tiada kuliah tanpa tugas. Makanya sepintar-pintar kalian mengatur waktu kalian untuk main dan belajar.

2.Deadline
Deadline dalam perkuliahan adalah suatu misi yang harus diselesaikan dengan waktu yang di berikan oleh pak dosen maupun bu dosen hehe. bahkan kebanyakan dosen memberikan waktu yang sangat singkat terhadap tugas yang di berikan. bahkan kebanyakan mahasiswa stress karena deadline yang menggilakan, Tugas belum di kerjakan tapi deadlinenya besok harus dikumpulkan.

3.Dosen Killer

Dosen sangatlah berbeda dengan guru pada saat kita SD,SMP dan SMA. Pasti kalian sering dengar kata-kata " Dosen selalu benar" yap bener dosen dalam perkuliahan bisa di bilang begitu, Dosen ibaratkan Game master dalam sebuah game, dia bisa mengubah Nilai mahasiswa  dan dialah yang menentukan kelulusan kita di mata kuliah dia. jangan heran jika anda pintar tapi ga lulus sama dosen killer. terkadang dosen gak melihat kepintaran anda, jika anda pinter namun etikanya kurang pak dosen gak  segan-segan akan ga lulusin lu di makul dia.kalo dia seneng dengan anda  walaupun anda ga pinter-pinter amet di kelas  dia bisa mengubah nilai anda yang ga lulus menjadi lulus.

4. Lembur/SKS(Sistem kebut semalaman)


Menjelang UTS(Ujian tengah semester)/ UAS(Ujian akhir semester) jangan heran anda akan mendapatkan kantong mata hitam hehe. sistem kebut semalaman adalah dimana mahasiswa belajar untuk ujian pada hari itu juga dan ga ngicil belajar dari jauh hari, jadi ga heran jika SKS ini bisa sampai jam 2-3 pagi hanya untuk belajar 1 makul yang akan ujian besoknya. jika ujiannya 2 minggu kepikir dong gimana waktu tidur kalian, bakal sangat singkat dan sangat melelahkan. saya sendiri paling lama belajar pake sistem SKS dari jam 9 malam sampai 2 pagi. Memang sistem SKS ini menguras tenaga kita, namun 80% mahasiswa menggunakan cara ini hehe.

5. Semester Pendek

Semester pendek  diadakan tiap semester ganjil maupun genap, biasanya Semster pendek di buka pada saat libur panjang/libur semester. Kebayang ga si lu ga lulus mata kuliah dan lu ngulang di SP, dimana teman-teman lu udah pada liburan,pulang kampung, dan selfie" upload di IG dll dan elu pas liburan ke kampus hanya untuk ngulang mata kuliah yang ga lulus. Semester pendek  paling lama 1 bulan, jadi pada saat anda sudah selesai SP, maka perkuliahan semetser baru  akan  di mulai lagi. Ngenes liburan buat SP :V. jadi belajarlah dengan sungguh" pada saat ujian ,jadi gak perlu ulang di semester pendek. 


No comments:

Post a Comment